Cara Mengoptimalkan Website dengan teknik SEO

Cara Mengoptimalkan Website dengan teknik SEO

Menurut survei Usaha Kecil Verisign tahun 2013, 91% pelanggan menggunakan internet untuk mencari produk dan layanan tertentu. Seiring dengan terus berkembangnya internet, semakin sulit bagi diri Anda untuk “ditemukan” oleh pelanggan potensial yang mencari produk dan layanan Anda, sehingga penting sekali untuk mengoptimalkan situs web Anda terhadap mesin pencari. Berikut adalah beberapa kiat-kiat dasar pengoptimalan mesin pencari (juga dikenal sebagai SEO).

Menggunakan kiat-kiat SEO untuk mengoptimalkan situs web Anda

Pastikan Mesin Pencari Bisa Menemukan dan Menjelajah Situs Web Anda

Mesin pencari menggunakan alat bantu yang disebut dengan nama “spider” yang terus menerus menjelajah tautan di internet untuk menemukan konten web dan membawanya kembali ke basis data raksasa mereka. Langkah pertama dalam mengoptimalkan situs web Anda adalah untuk memastikan bahwa situs web Anda bisa dijelajahi oleh spider ini dan memandunya jauh ke dalam situs web Anda.Pelajari lebih dalam mengetani SEO dan teknik seo yang benar disini.

Beberapa cara dasar untuk melakukan hal ini meliputi:

  • Menghindari teknologi yang tidak ramah terhadap spider, seperti konten flash, gulir tak terbatas, atau konten yang tertanam dalam gambar. Hal-hal seperti ini mempersulit proses indeks mesin pencari.
  • Sertakan peta situs untuk menunjukkan semua konten yang Anda miliki kepada mesin pencari, dan selalu perbarui peta situs ini.
  • Buat tautan di dalam konten situs web Anda yang mengarah ke halaman-halaman lain yang relevan.
  • Daftarkan situs web Anda dengan Google Webmaster tools.

Rancang Situs Web Anda dengan Kata Kunci Tertentu

Sebelum Anda menuliskan konten situs web Anda, penting bagi Anda untuk melakukan beberapa penelitian dan merencanakan penggunaan beberapa kata kunci. Kata kunci adalah kata atau istilah yang dimasukkan oleh para pencari ke dalam mesin pencari. Mesin pencari mencari kecocokan terbaik dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna, jadi pastikan agar konten Anda berisi banyak kata kunci yang dicari oleh pengguna. Sangat penting untuk berbicara dalam bahasa yang digunakan oleh pelanggan Anda. Tempatkan diri Anda pada posisi mereka dan bayangkan apa yang akan mereka cari. Sebagai aturan umum:

  • Hindari penggunaan jargon dan singkatan
  • Gunakan berbagai variasi dari kata kunci yang sama, termasuk bentuk kata kerja dan bentuk jamak, karena mesin pencari menganggap kata-kata tersebut tidak berhubungan sama sekali (misalnya pengasuhan hewan peliharaan, pengasuh hewan peliharaan, pengasuh-pengasuh hewan peliharaan, dll)
  • Gunakan alat bantu penelitian kata kunci untuk melihat seberapa sering kata kunci dicari (semakin banyak berarti semakin baik) dan dapatkan ide-ide kata kunci yang tidak Anda pertimbangkan sebelumnya. Tersedia alat bantu online pihak ketiga yang gratis seperti Google AdWords atau WordTracker.
  • Gunakan kata kunci sebagai judul halaman, judul H1 (kode untuk judul halaman yang terlihat di bagian atas halaman) dan metadata (teks pada halaman yang tidak terlihat oleh pengguna).
  • Gunakan kata kunci secara terpisah dalam konten situs web secara alami, jangan dipaksakan.

Perbarui Konten Anda secara Berkala

Mesin pencari menganggap konten baru lebih relevan daripada konten lama. Semakin lama usia konten Anda, semakin tidak diminati oleh mesin pencari dan hal ini tidak akan membantu meningkatkan peringkat hasil pencarian Anda. Buat jadwal untuk memperbarui konten, atau tambahkan konten baru yang menarik bagi pelanggan Anda. Semakin sering Anda memperbarui konten, semakin sering mesin pencari akan mengunjungi situs web Anda, dan semakin positif efeknya bagi peringkat hasil pencarian Anda.

Bagikan dan Promosikan Alamat Situs Web Anda

Mesin pencari memberi nilai yang tinggi pada tautan dari situs web lain ke situs web Anda, seolah-olah situs web lain tersebut memberi “nilai” bagi situs web Anda. Tautan-tautan ini juga berdampak pada lalu lintas langsung ke situs web Anda. Cari peluang untuk mendapatkan tautan dari situs-situs web lain yang sah. Jangan pernah membeli tautan atau terjebak pada orang yang menjanjikan sejumlah besar tautan ke situs web Anda dalam waktu singkat, karena mesin pencari akan menganggap tautan berkualitas rendah sebagai suatu upaya untuk mengelabuinya.

  • Jika Anda menggunakan situs web media sosial, pastikan untuk memberikan tautan dari situs-situs web tersebut ke situs web Anda. Sering-seringlah mengirimkan tweet, blog, atau mempromosikan situs web Anda dengan cara yang tidak akan menyinggung pengguna internet.
  • Tuliskan nama domain Anda pada kartu nama, iklan, kop surat, dan faktur Anda.
  • Daftarkan usaha Anda pada sumber daya yang terpercaya, seperti lembaga usaha kecil, direktori lokal, atau direktori terkemuka dalam bidang usaha Anda.

Sebagai kiat terakhir, ingatlah bahwa pengoptimalan pencarian situs web Anda merupakan suatu pertandingan maraton, bukan lari jarak pendek. SEO harus menjadi suatu proyek yang berkesinambungan. Mesin pencari bisa berubah dan sering mengubah algoritma mereka, jadi jangan terlalu terikat untuk mengikuti tren yang ada. Sebaliknya, fokuslah untuk membangun situs web yang menyediakan pengalaman yang baik bagi pelanggan Anda, terlepas dari mesin pencari yang digunakan. Ikuti beberapa panduan sederhana ini, dan peringkat pencarian akan terbawa naik secara alami.

Mungkin hanya ini ,tapi masih banyak ilmu tentang SEO yang belum saya sampaikan

salam Titik Koma;

3 thoughts on “Cara Mengoptimalkan Website dengan teknik SEO

  1. Hey,
    lately I have finished preparing my ultimate tutorial:

    +++ [Beginner’s Guide] How To Make A Website From Scratch +++

    I would really apprecaite your feedback, so I can improve my craft.

    Link: https://janzac.com/how-to-make-a-website/

    If you know someone who may benefit from reading it, I would be really grateful for sharing a link.

    Much love from Poland!
    Cheers

  2. mate your site is really cool, but it has a poor Domain Authority
    sad truth is that sites with poor Domain Authority won’t rank high in Google and in result get very little of traffic
    I had the same problem in the past and my website didn’t rank high in Google
    I searched for a professional who would help me with it; found one guy who really helped me rank higher in Google and increase my Domain Authority to 58! I’m super happy with this score
    Contact him: https://janzac.com/contact-janzac/ (his prices are very reasonable for the service he provides)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *